Sunday, November 10, 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » Bagaimana Cara Berkomentar Cerdas

Bagaimana Cara Berkomentar Cerdas

Tidak pelak lagi, salah satu kegiatan seorang blogger yang tidak boleh ditinggalkan adalah meninggalkan jejak di blog orang lain.

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, ada banyak manfaat dari memberi komentar ini, yang intinya utamanya adalah sebagai salah satu cara berpromosi dan membagun kredibilitas kita sebagai blogger, serta tentu saja, mendatangkan trafik!

Namun, apakah Anda tahu bagaimana cara memberi komentar yang baik, menarik dan bernilai? Memberi komentar sebatas: "nice gan", "artikel yang bagus, terima kasih" dan komentar pendek semacam itu, memang tidak salah, namun itu tidaklah terlalu unik, dan kurang menarik perhatian, baik dari pemilik blog ataupun pembaca lainnya.

cara berkomentar yang baik
Nah, kali ini saya coba berbagi tips bagaimana cara menjadi seorang komentator yang menarik dan mendapat perhatian dari orang lain. Yuk, kita simak.

1. Buatlah kalimat pembuka yang menarik
Seperti halnya Anda menulis postingan, tentu Anda ingin mendapat perhatian dari pembaca bukan? Begitu pula dengan member komentar. 

Pilihlah kalimat yang kuat, menarik. Pembaca biasa akan melakukan scanning (membaca melompat dengan cepat, untuk mencari informasi yang menarik), sehingga jika Anda memiliki kalimat pembuka yang menarik, akan menarik perhatian lebih dari pembaca.

2. Jangan takut untuk berbeda pendapat
Setiap hari saya mendapatkan komentar baru di blog ini. Dan kebanyakan komentar itu menyatakan kesetujuan terhadap apa yang saya sampaikan. 

Ada satu dua, yang menyatakan ketidaksetujuannya dan memberi pendapat berbeda. Tahukah Anda? Justru komentar itu yang mendapat perhatian lebih dari saya. Kenapa? Karena saya tertarik terhadap orang yang tidak sependapat dengan saya, dan ingin lebih mengetahui lebih jauh pemikiran mereka. Biasanya saya langsung berkunjung balik ke blog mereka.

Nah, inilah saat bagi Anda untuk bersinar. Sampaikan pendapat Anda sendiri melalui komentar, jika memang Anda tidak setuju dan memiliki pandangan lain dari penulis, sampaikan. Jangan takut untuk berbeda pendapat. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan perhatian lebih, sekaligus memberi tahu kepada semua orang, bahwa Anda pantas menjadi sumber terpercaya.

3. Buatlah penulis artikel merasa terkesan
Ini sering saya lakukan. Yaitu pada waktu saya memberi komentar, saya merujuk kepada salah satu artikel lain dari blog tersebut yang relevan. Misalnya: "Saya melihat Anda tidak konsisten dengan pendapat Anda, pada artikel sebelumnya ............. (cantumkan link-nya) Anda mengatakan sebaliknya .......... ".

Dengan cara ini, saya mendapatkan perhatian lebih dari penulis, mereka terkesan karena saya memberi perhatian terhadap hasil karya mereka.

Tidak ada yang lebih menyenangkan dan mengesankan dibanding melihat orang tertarik, memberi perhatian dan menghargai hasil karya kita bukan? Buat penulis terkesan, maka pembaca lain pun akan merasakan hal sama.

4. Buatlah orang tersenyum
Masukkan humor segar dan menggelitik dengan tepat. Anda akan terkejut, ini akan membuat orang lain membaca komentar Anda sampai 2 kali!

Kebanyakan komentar bernada serius. Tampillah beda. Buat orang tertawa. Tentu saja dengan humor cerdas, segar dan tidak norak.

5. Lanjutkan daftarnya!
Banyak sekali blogger (saya juga), menyajikan artikel berupa daftar item, seperti: 8 Hal yang Membuat Blog Anda Tidak Menghasilkan Uang, 7 Kesalahan yang Harus Dihindari oleh Setiap Blogger dan sebagainya. Kenapa Anda tidak mencoba meneruskan daftarnya? Anda bisa menambahkan: "9. bla bla bla ...."

Orang yang membaca komentar Anda, pasti akan tertarik. Ini bisa mendatangkan trafik untuk blog Anda sendiri, karena mereka ingin mendapatkan informasi lebih tentang tambahan yang Anda berikan. Cobalah!

6. Gunakan alamat situs dibanding nama sendiri
Pada saat Anda mengisi form komentar, biasanya Anda menuliskan nama yang otomatis tertaut ke blog Anda. Namun kenapa tidak mencoba mengisi nama dengan alamat situs atau pun keyword yang menarik dan relevan blog Anda?

Jujur. Saya sendiri belum pernah melakukan ini. Tapi saya akan coba nanti suatu saat. Bukan apa-apa, ini sebenarnya pengalaman saya sendiri, saya sering mengklik link blog pemberi komentar hanya karena tertarik dengan keyword yang mereka tulis sebagai nama. Patut dicoba, meski saya sendiri belum membuktikan efektivitasnya.

7. Cari posting paling relevan
Anda bisa menggunakan fasilitas pencarian (search) untuk menemukan artikel yang relevan dengan niche blog Anda sendiri. Setelah ketemu, berkomentarlah di posting tersebut.

Katakan saja, Anda memiliki blog dengan topik matematika, dan Anda sedang berkunjung di blog dengan topik jurnal ilmiah. Cari artikel yang berhubungan dengan matematika, dan berilah komentar disitu. Tunjukkan bahwa Anda kompeten dan menguasai topik matematika. Maka orang lain akan memberi perhatian lebih.

8. Mengomentari komentar
Jika Anda bisa menjalin percakapan dengan pemberi komentar lain, maka bukan saja lebih membuat mereka tertarik terhadap blog Anda sendiri, namun juga cara yang bagus untuk menunjukkan kredibilitas dan kemampuan Anda.

9. Usahakan tetap singkat berisi
Tidak ada orang ingin membaca tulisan panjang. Saat Anda harus menyampaikan poin penting dari komentar Anda, tetap Anda harus menjaganya tetap singkat, simpel, padat berisi.

Komentar panjang tidak selalu lebih baik. Sampai poin penting Anda dengan singkat. Jangan sampai komentar Anda diabaikan karena terlalu panjang yang membuat orang malas untuk membacanya.

10. ????
Nomor 10 ini, terserah Anda! Apakah memiliki hal penting lainnya yang belum saya sampaikan diatas?

Silakan tambahkan, lanjutkan daftar diatas. Hitung-hitung Anda langsung mempraktekkan tips #5 diatas! Hehehe.... Semoga bermanfaat.

Salam.

No comments:

Post a Comment